|
Rak Bilangan Untuk Operasi
Penjumlahan pada Pelajaran Matematika Siswa Kelas II Sekolah Dasar
Oleh
- Nama/
NPM/Kelas
- Nama/ NPM/Kelas
- Nama/ NPM/Kelas
- Nama/ NPM/Kelas
- Nama/ NPM/Kelas
IKIP PGRI SEMARANG
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN
GURU SEKOLAH DASAR
2012.
Sistematika Penulisan Proposal Media
Bab I. Pendahuluan
Pendahuluan
memuat: Identifikasi kebutuhan dan
karakteristik siswa, Perumusan Tujuan Pembelajaran, perumusan butir-butir
kesulitan belajar pada materi tertentu, nilai lebih penggunaan media tertentu.
Bab II. Dasar Pertimbangan Pembuatan Media
1.
Garis
Besar Program Media
Mata Pelajaran : .................................
Kelas :..................................
Semester :..................................
Materi pokok :..................................
Deskripsi Materi :..................................
Jenis Media : Visual/Audio/Audio visul/ Tiga dimensi
Penulis :.................................
Standar
Kompetensi :.................................
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pengalaman Belajar
|
Indikator Pencapaian
|
Daftar Pustaka
|
Media yang dipilih
|
Instrumen Penilaian
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
Uraian
Materi
Uraikan semua materi yang menjadi bahan belajar
Bab III. Alat dan Bahan
- Bahan
- Alat
- Rincian Biaya yang diperlukan
- Prosedur Kerja Pembuatan Alat Peraga
Bab IV. Penggunaan Alat dalam
Pembelajaran
- uraikan tentang cara kerja alat
- uraikan tentang (RPP) Rencana pelaksanaan
pembelajaran dengan menggunakan peragaan
Bab V. Penutup
- Simpulan
- Saran
Daftar Pustaka
Sulianto, Joko.
2012. Media Pembelajaran. IKIP PGRI
Press: Semarang
INSTRUMEN PENILAIAN MEDIA
PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : .................................
Kelas :..................................
Semester :..................................
Materi pokok :..................................
Deskripsi Materi :..................................
Jenis Media : Visual/Audio/Audio visual/ Tiga dimensi
Petunjuk
Pengisian
Berikanlah tanda cheklist(√) Pada kolom yang
paling sesuai menurut penilaian saudara, Penilaiandilakukan dengan berdasarkan
pada aspek objektivitas, kejujuran dan kebenaran.
1 = Jelek/Tidak sesuai/Tidak Tepat/Tidak Penting
2 = Cukup/Kurang sesuai/Kurang Tepat/
3 = Baik/ Sesuai/Tepat/Penting
4 = Sangat Baik/ Sangat Sesuai/Sangat Tepat/Sangat
Penting
No
|
Indikator Penilaian
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
Identifikasi Kebutuhan dan Karakteristik Siswa
|
|
|
|
x
|
|
1
|
Apakah Media yang dibuat sesuai dengan kebutuhan
siswa
|
|
|
|
|
2
|
Kesesuaian media dengan gaya belajar siswa
|
|
|
|
|
3
|
Kesesuaian media dengan kurikulum
|
|
|
|
|
4
|
Media relevan dengan kemampuan siswa
|
|
|
|
|
Perumusan Tujuan
|
|
|
|
|
|
5
|
Apakah rumusan tujuan pembelajaran jelas dan
terukur
|
|
|
|
|
6
|
Apakah tujuan pembelajaran dapat terukur dan
operasional
|
|
|
|
|
7
|
Tujuan pembelajaran berpatokan pada perilaku
siswa
|
|
|
|
|
Perumusan Materi
|
|
|
|
|
|
8
|
Materi yang dituangkan dalam media benar-benar
telah teruji kebenarannya
|
|
|
|
|
9
|
Sejauhmana materi itu penting untuk dipelajari
|
|
|
|
|
10
|
Materi bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan
siswa
|
|
|
|
|
11
|
Tingkat kesulitan dan kompleksitas materi ajar
|
|
|
|
|
Alat, Bahan, dan Biaya
|
|
|
|
|
|
12
|
Media dibuat dari bahan yang tahan lama
|
|
|
|
|
13
|
Bentuk dan Warnanya menarik
|
|
|
|
|
14
|
Sederhana dan Mudah dikelola
|
|
|
|
|
15
|
Ukurannya sesuai dengan ukuran fisik anak
|
|
|
|
|
16
|
Dapat menyajikan Konsep dalm bentuk riil,
gambar, diagram
|
|
|
|
|
17
|
Kesesuaian dengan topik pembelajaran
|
|
|
|
|
18
|
Dapat diperagakan
|
|
|
|
|
19
|
Dapat dimanipulasikan
|
|
|
|
|
20
|
Memiliki banyak manfaatnya
|
|
|
|
|
21
|
Biaya
yang dikeluarkan sebanding dengan manfaat media
|
|
|
|
|
22
|
Biaya yang dikeluarkan tidak terlalu mahal
|
|
|
|
|
23
|
Alat dan bahan relatif mudah dijangkau
|
|
|
|
|
Prosedur Kerja Pembuatan Alat
|
|
|
|
|
|
24
|
Melakukan langkah persiapan dan menyediakan
bahan-bahan
|
|
|
|
|
25
|
Pembuatan media tidak memakan waktu yang lama
|
|
|
|
|
26
|
Dibuatkan diagram alur pembuatan media
|
|
|
|
|
27
|
Originalitas dan dibuat sendiri by design bukan
membeli jadi
|
|
|
|
|
Cara
Kerja Alat
|
|
|
|
|
|
28
|
Alat peraga dapat dengan mudah dioperasikan
|
|
|
|
|
29
|
Dilengkapi dengan petunjuk penggunaan
|
|
|
|
|
30
|
Bisa digunakan siapa saja
|
|
|
|
|
31
|
Bisa digunakan secara individu maupun kelompok
|
|
|
|
|
32
|
Tidak membahayakan pemakai
|
|
|
|
|
Penulisan Naskah dan Tampilan
|
|
|
|
|
|
33
|
Penulisan Naskah Sesuai dengan sistematika yang
ditentukan
|
|
|
|
|
34
|
Menggunakan bahasa dan ejaan yang tepat
|
|
|
|
|
35
|
Mampu mengkomunikasikan dengan baik
|
|
|
|
|
36
|
Penyajian sesuai dengan cara kerja alat peraga
|
|
|
|
|
37
|
Kesungguhan dalam menyelesaikan tugas
|
|
|
|
|
38
|
Ketepatan waktu penyelesaian tugas
|
|
|
|
|
39
|
Kerjasama Tim
|
|
|
|
|
Nilai Peragaan =
Contoh
Perhitungan: Nilai =