A.
Apa
yang dimaksud Bahan Ajar ?
Bahan ajar merupakan
informasi, alat dan teks yang diperlukan guru/instruktur untuk perencanaan dan
penelaahan implementasi pembelajaran. Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan
untuk membantu guru/ instruktur dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di
kelas. Bahan yang dimaksud
bisa berupa bahan tertulis maupun bahan tidak tertulis. (National
Center for Vocational Education Research Ltd/National Center for Competency
Based Training).
Bahan ajar adalah
seperangkat materi yang disusun secara sistematis baik tertulis maupun tidak
sehingga tercipta lingkungan/suasana yang memungkinkan siswa untuk belajar.
B.
Bagaimana
Bentuk – Bentuk Bahan Ajar ?
·
Bahan cetak seperti: hand out, buku, modul, lembar kerja siswa, brosur,
leaflet, wallchart,
·
Audio Visual seperti: video/film,VCD
·
Audio seperti: radio, kaset, CD audio, PH
·
Visual: foto, gambar, model/maket.
·
Multi Media: CD interaktif, computer Based, Internet
C.
Apa
saja Jenis Bahan Ajar ?
·
Lembar informasi
(information sheet)
·
Operation sheet
·
Jobsheet
·
Worksheet
·
Handout
·
Modul
D.
Apa saja Cangkupan Bahan Ajar
·
Judul,
MP, SK, KD, Indikator, Tempat
·
Petunjuk
belajar (Petunjuk siswa/guru)
·
Tujuan
yang akan dicapai
·
Informasi
pendukung
·
Latihan-latihan
·
Petunjuk
kerja
·
Penilaian
LKS
(Lembar Kerja Siswa)
1.
Apa
yang dimaksud LKS ?
Lembar kegiatan siswa (student
work sheet) adalah lembaran-lembaran berisi tugas yang harus dikerjakan
oleh siswa. Lembar kegiatan berisi
petunjuk, langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu tugas. Tugas-tugas yang yang diberikan kepada siswa dapat
berupa teori dan atau praktik.
2.
Bagaimana Langkah-langkah penulisan LKS ?
Langkah-langkah penulisan LKS
a. Melakukan analisis
kurikulum; SK, KD, indikator dan materi pembelajaran.
b. Menyusun peta kebutuhan LKS
c. Menentukan judul LKS
d. Menulis LKS
e. Menentukan alat penilaian
3.
Bagaimana Struktur LKS secara umum ?
Struktur LKS secara umum adalah sebagai berikut :
a. Judul, mata pelajaran,
semester, tempat
b. Petunjuk belajar
c. Kompetensi yang akan dicapai
d. Indikator
e. Informasi pendukung
f. Tugas-tugas dan langkah-langkah
kerja
g. Penilaian
Modul
A.
Apa
yang dimakssud Modul ?
Modul
merupakan alat atau sarana pembelajaran yang berisi
materi, metode, batasan-batasan, dan cara mengevaluasi yang dirancang secara
sistematis dan menarik untuk mencapai kompetensi yang diharapkan sesuai
dengan tingkat kompleksitasnya.
Modul adalah bahan ajar yang disusun secara
sistematis dan menarik yang mencakup isi materi, metoda, dan evaluasi yang
dapat digunakan secara mandiri. Kebahasaannya dibuat sederhana sesuai dengan level
berfikir anak SMK atau input SMK. Dipergunakan untuk orang lain bukan untuk penulis.
B. Bagaimana
Karekteristik Modul ?
1.
Self instructional
Peserta diklat mampu membelajarkan diri sendiri,
tidak tergantung pada pihak lain.
2.
Self Contained
Seluruh materi pembelajaran dari satu unit kompetensi
atau sub kompetensi yang dipelajari terdapat di dalam satu modul secara utuh.
3.
Stand alone
Modul manual/multimedia yang dikembangkan tidak tergantung pada media lain atau tidak
harus digunakan bersama-sama
dengan media lain.
4.
Adaptif
Modul hendaknya memiliki daya adaptif yang tinggi terhadap
perkembangan ilmu dan teknologi.
5.
User friendly
Modul hendaknya juga memenuhi kaidah bersahabat/akrab
dengan pemakainya.
6.
Konsistensi
Dalam penggunaan :
Ø
font
Ø
spasi
Ø
tata letak (layout)
7.
Format
Ø
Format kolom
tunggal atau multi
Ø
Format kertas
vertikal atau horisontal
Ø
Icon yang mudah
ditangkap
C.
Bagaimana
Tujuan Penulisan Modul ?
1.
Memperjelas dan
mempermudah penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat verbal.
2.
Mengatasi keterbatasan
waktu, ruang, dan daya indera, baik siswa atau peserta diklat maupun
guru/instruktur.
3.
Dapat digunakan secara
tepat dan bervarias.
D.
Bagaimana
Kerangka Modul ?
1. Halaman
Sampul
2. Halaman
Francis
3. Kata
Pengantar
4. Daftar
Isi
5. Peta
Kedudukan Modul
6. Glosarium
7. Pendahuluan
A. Deskripsi
B. Prasarat
C. Petunjuk Penggunaan Modul
a. Penjelasan Bagi Peserta diklat
b. Peran Guru Antara Lain
D. Tujuan Akhir
E. Kompetensi
F. Cek Kemampuan
8. Pembelajaran
A. Rencana
Belajar Peserta diklat
B. Kegiatan
Belajar
a. Tujuan
Kegiatan Pembelajaran
b. Uraian
Materi
c. Rangkuman
d. Tugas
e. Tes
Formatif
f. Kunci Jawaban Formatif
g. Lembar
Kerja
9. Evaluasi
A. Kognitif
Skill
B. Psikomotor
Skill
C. Attitude
Skill
D. Produk/Benda
Kerja Sesuai Kriteria Standart
E. Batasan
Waktu Yang Telah Ditetapkan
F. Kunci
Jawaban
10. Penutup
Daftar pustaka
BAHAN AJAR VS BUKU TEKS
A.
Apa
yang dimaksud Bahan ajar dan Buku Teks ?
Bahan ajar merupakan bahan atau materi pembelajaran
yang disusun secara sistematis yang digunakan guru dan siswa dalam KBM.
Buku teks merupakan sumber informasi yang disusun
dengan struktur dan urutan berdasar bidang ilmu tertentu.
B.
PERBANDINGAN
ANTARA BAHAN AJAR DAN BUKU TEKS
Bahan ajar
|
Buku teks
|
Menimbulkan minat baca
Ditulis dan dirancang untuk siswa
Menjelaskan tujuan instruksional
Disusun berdasarkan pola belajar yang fleksibel
Struktur berdasarkan kebutuhan siswa dan kompetensi akhir yang akan
dicapai.
Memberi kesempatan pada siswa untuk berlatih
Mengakomodasi kesulitan siswa
Memberikan rangkuman
Gaya penulisan komunikatif dan semi formal
Kepadatan berdasar kebutuhan siswa. Dikemas untuk proses instruksional
Mempunyai mekanisme untuk mengumpulkan umpan balik dari siswa.
Menjelaskan cara mempelajari
bahan ajar.
|
Mengasumsikan
minat dari pembaca
Ditulis
untuk pembaca (guru, dosen). Dirancang untuk dipasarkan secara luas
Belum
tentu menjelaskan tujuan instruksional
Disusun
secara linear
Stuktur
berdasar logika bidang ilmu
Belum
tentu memberikan latihan
Tidak
mengantisipasi kesukaran belajar siswa
Belum
tentu memberikan rangkuman
Gaya
penulisan naratif tetapi tidak komunikatif
Sangat
padat
Tidak
memilki mekanisme untuk mengumpulkan umpan balik dari pembaca.
|