Aangedryf deur Blogger.

Followers

istya baneazaaa

Read more: http://ariefbudiyantoo.blogspot.com/2013/02/cara-membuat-tulisan-berjalan-mengikuti.html#ixzz2SsUdocS3
RSS

Pages

SISTEM PENYUSUNAN PROPOSAL

Sistematika penyusunan proposal
 
MEDIA PEMBELAJARAN









Rak Bilangan Untuk Operasi Penjumlahan pada Pelajaran Matematika Siswa Kelas II Sekolah Dasar












Oleh
  1. Nama/ NPM/Kelas
  2. Nama/ NPM/Kelas
  3. Nama/ NPM/Kelas
  4. Nama/ NPM/Kelas
  5. Nama/ NPM/Kelas







IKIP PGRI SEMARANG
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
2012.
Sistematika Penulisan Proposal Media

Bab I. Pendahuluan
Pendahuluan memuat:  Identifikasi kebutuhan dan karakteristik siswa, Perumusan Tujuan Pembelajaran, perumusan butir-butir kesulitan belajar pada materi tertentu, nilai lebih penggunaan media tertentu.
Bab II. Dasar Pertimbangan Pembuatan Media
1.      Garis Besar Program Media
Mata Pelajaran            : .................................
Kelas                           :..................................
Semester                      :..................................
Materi pokok               :..................................
Deskripsi Materi          :..................................
Jenis Media                 : Visual/Audio/Audio visul/ Tiga dimensi
Penulis                         :.................................
Standar Kompetensi   :.................................

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pengalaman Belajar
Indikator Pencapaian
Daftar Pustaka
Media yang dipilih
Instrumen Penilaian








2.      Uraian Materi
Uraikan semua materi yang menjadi bahan belajar

Bab III. Alat dan Bahan
  1. Bahan
  2. Alat
  3. Rincian Biaya yang diperlukan
  4. Prosedur Kerja Pembuatan Alat Peraga

Bab IV. Penggunaan Alat dalam Pembelajaran
  1. uraikan tentang cara kerja alat
  2. uraikan tentang (RPP) Rencana pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan peragaan

Bab V. Penutup
  1. Simpulan
  2. Saran

Daftar Pustaka
Sulianto, Joko. 2012. Media Pembelajaran. IKIP PGRI Press: Semarang







INSTRUMEN PENILAIAN MEDIA PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran            : .................................
Kelas                           :..................................
Semester                      :..................................
Materi pokok               :..................................
Deskripsi Materi          :..................................
Jenis Media                 : Visual/Audio/Audio visual/ Tiga dimensi

Petunjuk Pengisian
Berikanlah tanda cheklist(√) Pada kolom yang paling sesuai menurut penilaian saudara, Penilaiandilakukan dengan berdasarkan pada aspek objektivitas, kejujuran dan kebenaran.
1 = Jelek/Tidak sesuai/Tidak Tepat/Tidak Penting
2 = Cukup/Kurang sesuai/Kurang Tepat/
3 = Baik/ Sesuai/Tepat/Penting
4 = Sangat Baik/ Sangat Sesuai/Sangat Tepat/Sangat Penting
No
Indikator Penilaian
Skor
1
2
3
4
Identifikasi Kebutuhan dan Karakteristik Siswa



x
1
Apakah Media yang dibuat sesuai dengan kebutuhan siswa




2
Kesesuaian media dengan gaya belajar siswa




3
Kesesuaian media dengan kurikulum




4
Media relevan dengan kemampuan siswa




Perumusan Tujuan




5
Apakah rumusan tujuan pembelajaran jelas dan terukur




6
Apakah tujuan pembelajaran dapat terukur dan operasional




7
Tujuan pembelajaran berpatokan pada perilaku siswa




Perumusan Materi




8
Materi yang dituangkan dalam media benar-benar telah teruji kebenarannya




9
Sejauhmana materi itu penting untuk dipelajari




10
Materi bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan siswa




11
Tingkat kesulitan dan kompleksitas materi ajar




Alat, Bahan, dan Biaya




12
Media dibuat dari bahan yang tahan lama




13
Bentuk dan Warnanya menarik




14
Sederhana dan Mudah dikelola




15
Ukurannya sesuai dengan ukuran fisik anak




16
Dapat menyajikan Konsep dalm bentuk riil, gambar, diagram




17
Kesesuaian dengan topik pembelajaran




18
Dapat diperagakan




19
Dapat dimanipulasikan




20
Memiliki banyak manfaatnya




21
 Biaya yang dikeluarkan sebanding dengan manfaat media




22
Biaya yang dikeluarkan tidak terlalu mahal




23
Alat dan bahan relatif mudah dijangkau




Prosedur Kerja Pembuatan Alat




24
Melakukan langkah persiapan dan menyediakan bahan-bahan




25
Pembuatan media tidak memakan waktu yang lama




26
Dibuatkan diagram alur pembuatan media




27
Originalitas dan dibuat sendiri by design bukan membeli jadi




Cara Kerja Alat




28
Alat peraga dapat dengan mudah dioperasikan




29
Dilengkapi dengan petunjuk penggunaan




30
Bisa digunakan siapa saja




31
Bisa digunakan secara individu maupun kelompok




32
Tidak membahayakan pemakai




Penulisan Naskah dan Tampilan




33
Penulisan Naskah Sesuai dengan sistematika yang ditentukan




34
Menggunakan bahasa dan ejaan yang tepat




35
Mampu mengkomunikasikan dengan baik




36
Penyajian sesuai dengan cara kerja alat peraga




37
Kesungguhan dalam menyelesaikan tugas




38
Ketepatan waktu penyelesaian tugas




39
Kerjasama Tim





Nilai Peragaan =

Contoh Perhitungan: Nilai =











  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS